5 Peninggalan Sunan Muria, Mitos yang Nyata Terjadi

ARTIKEL MENARIK LAINNYA » 5 Peninggalan Sunan Muria, Mitos yang Nyata Terjadi

5 Peninggalan Sunan Muria, Mitos yang Nyata Terjadi - Raden Umar Said yang sampai saat ini dikenal sebagai Sunan Muria merupakan salah satu anggota walisongo yang menyebarkan ajaran ISLAM di daerah Jawa Tengah. Selain menyebarkan Islam, para wali ini juga mengajarkan begitu banyak ilmu ilmu kehidupan yang bisa dijadikan pedoman hidup manusia pada waktu itu, bahkan hingga kini. Sunan Muria dimakamkan di daerah lereng Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Dengan begitu maka Kudus memiliki dua sunan sekaligus yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Banyak para peziarah datang ke makam Sunan Muria karena karomah yang dimiliki sang Sunan sehingga barang siapa datang berdoa, akan dipercepat terkabulnya hajat.

 

Hajat yang sangat direkomendasikan untuk didoakan di tempat ini adalah hajat memiliki momongan atau memiliki anak. Bagi siapa saja pasangan yang ingin segera dikaruniai anak, silahkan datanglah berziarah ke makam Sunan Muria. Mitos ini banyak terbukti di kalangan masyarakat. Tak lain adalah karena adanya peninggalan Sunan Muria berupa parijoto. Ingin tahu bagaimana keajaiban peninggalan Sunan Muria? Mari simak, 5 peninggalan sejarah Sunan Muria yang memiliki kisah mitos dan nyata terbukti berikut ini!

 

5 Benda Peninggalan Sunan Muria penuh Kisah Mitos

 

Bulusan dan Kayu Adem Ati

 

Peninggalan Sunan Muria yang pertama adalah berupa Bulusan dan Kayu Adem Ati. Saat itu, dikala Sunan Muria masih ada hiduplah seekor bulus atau kura-kura berukuran kecil. Bulus ini dipercaya bukan bulus biasa melainkan jelmaan manusia. Ada juga sebuah pohon keramat yang dinamakan kayu adem ati oleh masyarakat sekitar. Dahulu, bulus dan pohon ini sempat menghilang secara ghaib namun akhirnya dengan sendirinya kedua benda ini kembali lagi tepat disaat hari kemerdekaan Republik Indonesia. tepatnya 17 Agustus 1945.

 

Pohon Jati Kramat Masin

 

Peninggalan Sunan Muria berikutnya adalah pohon jati yang ada di daerah Masin. Pohion ini dikeramatkan oleh warga setempat karena mengandung sebuah mitos dimana orang yang menebang pohon jati ini maka ia akan mendapatkan kesialan hidup. Oleh karenanya hingga kini pohon ini masih ada dan tak ada berani yang menebang. Masyarakat setempat meyakini bahwa pohon jati tersebut memiliki ruh yang tidak boleh diganggu oleh siapa pun.

 

Pari Joto

 

Peninggalan Sunan Muria yang satu ini sangat fenomenal di kalangan masyarakat setepmat bahkan sampai menyebar ke seluruh nusantara. Konon, Pari Joto adalah representasi dari dua buah yang disebutkan dalam Alquran dan hadis, yaitu madu lebah (an-nahl) dan jintan hitam (habbatussauda). Biasanya, Pari Joto dikonsumsi oleh ibu hamil agar dapat mencukupi gizi janin. Tak heran siapa pun yang ingin hamil bisa meminta doa dari sang Sunan dengan jalan berziarah ke makam Sunan Muria ini.

 

Pakis Haji

 

Pakis Haji atau yang dikenal dengan sikas (cycas) merupakan salah satu nama tumbuhan. Konon, Pakis Haji ini dapat digunakan untuk mengusir hama perusak padi. Masyarakat setempat pun memanfaatkan peninggalan Sunan Muria ini untuk bercocok tanam dan bertani sehingga terhindar dari hama pengganggu tanaman. Terbukti juga penduduk sekitar Muria memiliki profesi sebagai petani dan berkebun.

 

Situs Air Gentong Keramat

 

Situs air gentong ini berada di dekat pemakaman Sunan Muria. Biasanya, setelah para pengunjung telah selesai berziarah, kuncen menawarkan para pengunjung untuk membawa air tersebut. Konon, air tersebut dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Air gentong ini pernah menyembuhkan penyakit yang aneh, bahkan penyakit parah yang tidak pernah sembuh sebelumnya.

 

Itulah 5 peninggalan Sunan Muria yang mengandung mitos namun terbukti adanya. Semoga bermanfaat untuk anda dan salam berkah.

 

 

 

 

 

Alamat Kantor


Perum Pankis Griya - Rumah No.1

Jl. Pakis Raya, RT.01/06, Jepang Pakis

Jati, Kudus, Jawa Tengah,

Indonesia - 59342

 

 

Call Center 1


Telepon & SMS: 085712999772

 

WhatsApp: 085712999772

 

Email: [email protected]


 

 

Call Center 2


Telepon & SMS: 082223338771


WhatsApp: 082223338771


Email: [email protected]

 

Untuk respon cepat silahkan

Telepon/SMS

 

*Note : Kode area Indonesia (+62)

Contoh : +6285712999772

 


 

Hari dan Jam Kerja

Call Center Kami


Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB

Sebelum datang, harap telepon dulu.

 

 

Praktek Supranatural Resmi


Terdaftar di Dinas Kesehatan & Kejaksaan

STPT DINKES: 445/515/04.05/2012

KEJARI: B-18/0.3.18/DSP.5/12/2011

 

Lihat Bukti Legalitas - Klik Disini